Dark mode : klik logo bulan

Published : 2021-09-01

Filed under :

belajar cara membuat website

Mengenal dasar dasar website dari mulai mengenal server hosting, sampai belajar cara membuat dan mendesign website profesional untuk bisnis yang SEO friendly.

Mengenal Website dan pendukungnya !

Dalam membangun sebuah website, utamanya ada dua hal mendasar yang perlu kita ketahui, yaitu : Server hosting dan juga website itu sendiri, yang terdiri dari frontend ( tampilan website yang biasa kita lihat), dan backend yang biasanya digunakan untuk menyimpan data seperti tulisan gambar dan lain sebagainya.

Server Hosting

Jika kita ingin membuat sebuah toko atau rumah kita memerlukan tanah sebagai tempat yang akan digunakan untuk membangun bangunan. Server adalah tanah untuk mendirikan website, jadi saat kita akan membuat sebuah website, baik itu blog atau toko online, kita memerlukan server hosting untuk mendirikan website kita. Server hosting sendiri bisa kita sewa baik bulanan atau tahunan di pihak ke tiga yang menyediakan jasa penyewaan server hosting. Baru setelah itu kita bisa menginstall atau upload website kita diatas server tadi.

Beberapa hal terpenting yang harus diketahui, saat akan menyewa server adalah :

penyedia jasa ( seberapa profesional, speed server yang mereka gunakan, sering mati / down atau tidak)

kapasitas storage perhatikan berapa kapasitas yang mereka sediakan, dan bandingkan dengan kebutuhan seperti, rencana jumlah gambar, video atau konten yang akan digunakan. Jangan sampai tergiur dengan harga murah dan justru merugikan karena tidak mencukupi untuk digunakan.

Bandwidth adalah kapasitas yang dapat digunakan pada kabel ethernet agar dapat dilewati trafik paket data dengan maksimal tertentu. jangan pernah tergiur dengan kata unlimited, karena pada dasarnya tidak ada yang tidak terbatas. Bandwidth berhubungan dengan jumlah kunjungan yang bisa ditampung. jika pengunjung banyak dan alokasi bandwith habis, maka website tidak bisa di akses.

Website

Banyak sekali framework yang bisa digunakan untuk membuat sebuah Website, Salah satu yang paling popular dan paling mudah digunakan adalah CMS Wordpress, dan pada tutorial kali ini kita akan belajar membuat website dimulai dengan menggunakan Wordpress.

Dengan menggunakan Wordpress pemula akan sangat terbantu karena tidak harus membuat front end dan backend, plugin yang sudah banyak tersedia, dan tidak memerluan banyak server, selain keunggulan lainya tentunya, seperti mudah di optimasi agar SEO friendly. Setelah kita menyewa server, maka selanjutnya kita bisa mulai praktek membuat website, baik company profile, web beritaatau blog, toko online bahkan hingga Learning Management System.